Back to index

Check Email Student
Ganti Password Email
Ganti Password Web

Organisasi dan Kegiatan Mahasiswa
Universitas Riau:

 

SALINAN
KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA 
NOMOR 155 /U/1998  TENTANG PEDOMAN UMUM ORGANISASI KEMAHASISWAAN DI PERGURUAN TINGGI
.

Resimen Mahasiswa Satuan 041 INDRABUANA

Resimen Mahasiswa (Menwa) pertama kali dibentuk dan diresmikan Pangdam VI/Siliwangi, waktu itu dijabat oleh Kolonel Kosasih pada 13 Juni 1959 dengan sebutan Batalyon Wala 59. Merupakan cikal bakal lahirnya Resimen Mahasiswa Indonesia. Nama ini berubah menjadi Walawa (Wajib Latih Mahasiswa) yang anggotanya diseleksi dari ITB, UNPAD, dan Akademi Postel. Saat itu ikut dalam operasi pagar betis menumpas pemberontakan DI/TII di Jawa barat.

     Di Provinsi Riau Resimen Mahasiswa pertama kali bernama Batalyon Yoga Bima artinya anak Bima yang anggotanya diambil dari mahasiswa Yayasan Unri yang pada tahun 1962 menjadi Unri. Batalyon Yoga Bima berada dalam lingkungan Korem 031 /Wira Bima.
Tujuan Menwa ini ialah mempersiapkan mahasiswa yang memiliki sikap disiplin, pengetahuan, fisik dan mental agar mampu melaksanakan tugas bela negara serta menanamkan dasar-dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada tujuan pendidikan nasional.

     Tugas pokok Menwa Unri ialah membantu terlaksananya pembinaan kesadaran bela negara serta kelancaran program lainnya di Perguruan Tinggi.
Secara umum fungsi Menwa Unri ialah sebagai dinamisator, artinya bersama mahasiswa lainnya membantu terwujudnya kehidupan kampus yang tenteram dan tertib. Sebagai stabilisator, artinya membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan dan program Perguruan Tinggi dan program mahasiswa lainya.

     Menwa Unri pernah ikut serta dalam Pasukan Perdamaian PBB yang tergabung dalam Kontingen Garuda VIII tahun 1978 ke Timur Tengah atas nama Johanes Umar, SE (sekarang dosen pada fakultas Ekonomi Unri). Ikut serta dalam bakti Menwa se- Indonesia ke Timor-Timur, dan mengikuti sebanyak 14 angkatan. Ikut bergabung dengan ABRI dalam ABRI masuk desa manunggal sesuai dengan Perintah Komandan Menwa.
Mengikuti kegiatan-kegiatan kemenwaan tingkat nasional seperti: Rapat Kerja Nasional (Rakemas) Resimen Mahasiswa. Lomba Cross Country dan Napak Tilas. Kursus Dinas Staf dan Gladi Posko.

      Kerja sama juga dilakukan dengan lembaga-lembaga kependidikan negeri dan swasta untuk pembinaan displin, mental, dan fisik pada setiap penerimaan mahasiswa baru. Menwa juga bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Provinsi Riau dalam memberi bantuan sumbangan darah (Donor darah) bila diperlukan dan dibutuhkan.


 

Koperasi Mahasiswa

     Koperasi Mahasiswa (Kopma) melayani kebutuhan mahasiswa dalam bidang jasa transportasi, fotocopy, pertokoan, jasa simpan pinjam, dan unit studio (afdruk foto). Dibentuk setelah rapat 8 Juli 1982 oleh wakil-wakil dari fakultas dan mahasiswa penerima beasiswa Supersemar. Diresmikan pada 12 Juli 1982 dengan nomor badan hukum 924/BH/III. Pada 27 Oktober 1987 bergabung dengan Koperasi Pemuda Indonesia (Kopindo) dengan no. 017/X/1987. Kopma Unri menduduki klasifikasi B dan memperoleh predikat sebagai koperasi teladan untuk tingkat mahasiswa se-Riau pada tahun 1986, 1987, 1989, 1991.

Mahasiswa Pencinta Lingkungan Hidup (Mapalindup)

     Mahasiswa Pencinta Lingkungan Hidup (Mapalindup) Unri lahir dari dorongan kesadaran dan tanggung jawab yang besar terhadap pembangunan nasional. Mahasiswa sebagai generasi muda adalah insan yang mewarisi serta melaksanakan cita-cita bangsa dalam mewujudkan kelestarian alam dan pembangunan nasional yang berwawasan lingkunagan.

     Mapalindup Unri mengelola kegiatannya di PKM Unri jalan Pattimura 9 Pekanbaru. Didirikan pada 1 Oktober 1982, dengan mengambil wilayah kerja yang tidak terhingga di wilayah Republik Indonesia. Mapalindup Unri Merupakan wadah yang menampung dan mengembangkan potensi dan aspirasi sesuai dengan fungsi mahasiswa sebagai ujung tombak pembangunan. Sebagai organisasi, mapalindup menitikberatkan tujuannya kepada terciptanya lingkungan hidup dan lingkungan sekitar yang seimbang, selaras, dan serasi.
Mapalindup Unri diciptakan sebagai sarana mengembangkan sikap mental, mendidik dan melahirkan mahasiswa yang berwatak dan berbudi pekerti luhur serta memiliki pemikiran dan tindakan yang berorientasi pada lingkungan. Anggotanya meliputi seluruh mahasiswa yang terdaftar di masing-masing Kelompok Pencinta Alam di lingkungan Unri dan telah mengikuti Pendidikan Dasar Cinta Alam.
 

         Kegiatan mapalindup Unri, antara lain 

  • Mengembangkan pola berpikir dan bertindak ke arah tanggung jawab dan berorientasi kepada lingkungan; 

  • Memperdalam dan mengamalkan rasa persaudaraan di antara sesama manusia;

  • Menggali dan mengembangkan potensi anggota yang ada ke arah yang bermanfaat.


 

UKM Kesenian
 

UKM Kesenian Unri dilaksanakan sejak terbitnya Statuta Unri. Merupakan wadah bagi mahasiswa dari berbagai fakultas di Unri. Pengelolanya beritikad mengembangkan bakat dan minat di bidang seni. Dalam tubuh UKM ini dibentuk sub-sub, yaitu Sub Band Seni, Sub Teater, Sub Tari, Sub Paduan Suara, Sub Vokal Grup.

    UKM Kesenian mengisi berbagai acara kesenian di Unri sendiri berbagai acara kontemporer, tingkat provinsi, antar mahasiswa seperguruan tinggi di Indonesia, dan atas manca negara (keluar negeri).

 

   
 

Copyright 2000 © upt unri web division, all right reserved